Tuesday, October 23, 2012

Tugas II IMK - Analisa Web dari sudut IMK

Pertanyaan
Carilah sebuah web dan buatlah analisa dari web tersebut di pandang dari sudut IMK (Interaksi Manusia dan Komputer) dan beberapa aspek usability (faktor psikologi, linguistik, dsb.).


Jawaban

Website : www.crash.net


Gambar halaman muka www.crash.net

Penjelasan web :

www.crash.net adalah web yang berisi berita-berita, ulasan dan informasi seputar dunia balap roda empat dan roda dua. Tidak hanya hasil pertandingan saja yang di beritakan, analisa pakar, isu-isu yang beredar tentang pembalap sampai perubahan regulasi disajikan secara update.

Analisa web (Interaksi Manusia dan Komputer)
  • Faktor Kecerdasan Buatan
    Tidak ada.

  • Faktor Linguistik Komputasional
    Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Inggris, karena web di peruntukkan pada dunia internasional. Dari kata-kata yang di gunakan cukup sederhana dan mudah dimengerti bagi para pengguna web tersebut.
    Kekurangan : hanya memiliki 1 format bahasa.

  • Faktor Psikologi
    Target pengguna web tersebut adalah orang-orang dewasa, khususnya bagi mereka pencinta dunia balap, sehingga tampilan yang sederhana dan minim konteks multimedia dirasa cukup bagi pengguna web ini.

  • Faktor Multimedia
    Konteks multimedia sederhana yang digunakan pada web ini hanya untuk berita-berita terbaru dan terpopuler, sehingga pengguna dapat dengan mudah langsung mengetahui dan membaca berita-berita tersebut.
    Kekurangan : terlalu banyak kolom iklan.

  • Faktor Antropologi
    Web ini di peruntukkan bagi pengguna di seluruh dunia. Untuk mengakses web ini dapat menggunakan komputer, smart phone, dll. yang memiliki browser.

  • Faktor Ergonomik
    Selain melalui komputer, web ini dapat diakses melalui smart phone sehingga para pengguna dapat setiap saat dan dimanapun membaca berita-berita tersebut.

  • Faktor Sosiologi
    Web ini menyediakan sarana untuk berkomentar pada suatu berita, sehingga setiap pengguna dapat berkomentar bebas dan berinteraksi dengan pengguna-pengguna lainnya. Tidak hanya berkomentar saja, web ini pun menyediakan sarana poling untuk isu-isu tertentu.

  • Faktor Bisnis
    Salah satu fasilitas yang memudahkan adalah pengguna bebas mengubah urutan kategori berita. Sehingga pengguna dapat lebih mudah mendapatkan berita-berita yang diinginkan.

  • Faktor Matematika
    Tidak ada.

  • Faktor Teknik Penulisan
    Tekhnik penulisan yang digunakan baik, pengelompokkan berita, judul berita di kemas dengan sederhana dan jelas sesuai dengan format website pada umumnya.


No comments: