Thursday, December 13, 2012

Cara-Cara Untuk Mudah Mengingat Nama

Bertemu dan berkenalan dengan banyak orang sangat penting dalam membina relasi di dunia kerja. Sering kali, kita lupa nama lawan bicara kita padahal baru saja berkenalan.  Agar bisa mengingat namanya dengan benar, tentunya anda perlu konsentrasi dan benar-benar memperhatikan.  Berikut rangkuman dari halaman galtime.com untuk melatih otak dalam mengingat nama lawan bicara anda.




  1. Ulangi namanya atau tanyakan nama belakangnya. Sapa kembali lawan bicara anda dengan mengucapkan namanya agar nama tersebut bisa terekam dengan baik di memori otak anda, Misalnya " Senang berkenalan dengan anda Ramon", atau "Kalau boleh tahu, nama belakang anda Ramon apa?"
  2. Ajukan pertanyaan atau komentar. Assosiasikan  namanya dengan nama atau hal-hal yang sering anda jumpai misalnya artis, teman, tempat atau komentar lainnya. Misalnya, "senang berkenalan dengan anda Julia, nama anda mengingatkan saya pada artis peraih oscar Julia Robert"
  3. Mintalah mengeja namanya. Misalnya, “bagaimana cara penulisannya, Catherine atau kathrin?"
  4. Tanyakan sejarah namanya. Misalnya, "Tri larasati, kamu anak ketiga ya?"
  5. Beritahu apa yang Anda dengar tentang nya. Misalnya, "Aku dengar anda yang meng-koordinir acara ini ya, Peter?"
  6. Sebelum berpisah, ucapkan kembali namanya. "Sampai jumpa di lain waktu ya, Rina."
  7. Mengatasi lupa dengan memperkenalkan diri anda kembali. Misalnya "Sebelumnya kita pernah bertemu di JCC, saya susilo widodo. Maaf, bisa kasih tahu lagi namamu siapa?". Bisa jadi lawan bicara anda juga sudah lupa dengan nama anda, dan akan berterima kasih jika anda mau mengenalkan diri kembali.

No comments: